Pelantikan Ketua DPRD Muna Barat Oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Raha

16:Agt

Pelantikan Ketua DPRD Muna Barat Oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Raha

LAWORO-Pergantian Ketua dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Muna Barat (Mubar) dari La Ode Koso digantikan Munarti resmi dilakukan setelah DPRD melakukan rapat paripirna istimewa dalam rangka peresmian dan pengambilan sumpah janji Ketua DPRD Mubar sisa masa jabatan 2014/2019 di gedung DPRD Muna Barat, Selasa (15/8). Pelantikan pergantian antar waktu ini dihadiri oleh Pimpinan DPRD bersama Anggota DPRD Mubar, Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada, Achmad Lamani, Ketua Pengadilan Negeri Raha, Dandim 1416 Muna, Polres Muna dan seluruh kepala SKPD se Muna Barat. Dalam acara pelantikan tersebut juga ikut dihadiri La Ode Koso.


Pelantikan Munarti sebagai ketua DPRD Mubar dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor 236 Tahun 2017 tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan antar waktu Ketua DPRD Muna Barat yang dilakukan berdasarkan Surat Keputusan DPD PAN Mubar Nomor 114/BA/V/2017 tanggal 16 Mei 2017 tentang pemberhentian Ketua DPRD Mubar atas nama La Ode Koso dan mengangkat Munarti SPd sisa masa jabatan 2014-2019. Dalam pengambilan sumpah janji sebagai ketua DPRD Mubar dilakukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Raha Erven Langgeng Kaseh, SH MH yang berlansung sekitar pukul 10.51 WITA. Munarti usai dilantik mengatakan momen rapat paripurna DPRD Mubar merupakan momen yang paling sakral dan bersejarah dalam hidupnya karena telah berikrar sebagai ketua DPRD Mubar. "Dari awal saya sudah berikrar untuk menjalankan tugas demi kepentingan bangsa dan Negara khususnya untuk Muna Barat,"kata Munarti. Sebagai ketua DPRD yang baru dia berharap kedepan DPRD dan Pemda bisa bersinergi dalam segala bidang. "Dimasa yang akan datang saya yakin semua permasalahan pembangunan dapat teratasi. Semua anggota DPRD dari semua parpol akan bersatu, "janjinya.

Sementara itu, Bupati Muna Barat LM rajiun Tumada mengatakan sebagai pemerintah Daerah Mubar dirinya mengucapkan selamat kepada Munarti yang telah menggantikan La Ode Koso. Setelah dilakukan pengambilan sumpah dan janji, maka secara yuridis sudah ada legalitas dalam mengambil kebijakan agar Daerah lebih maju. "Pergantian ketua DPRD merupakan proses politik untuk mengisi jabatan ketua DPRD. Kami menyadari bahwa ini merupakan upaya regenerasi dan pematangan kader parpol,"ujar Rajiun. Sebagai pemimpin Daerah dia mengatakan harmonisasi harus diupayakan bagi semua kalangan pemerintah termasuk secara internal. Begitu juga harmonisasi antara DPRD dan Pemerintah harus dibangun dengan landasan. "Masih banyak tugasctugas yang harus kita selesaikan demi kepentingan rakyat,"ujarnya.(pn-raha)