Assesmen TAPM Badilum dan PT Sultra Pada Pengadilan Negeri Raha

10:Okt

Assesmen TAPM Badilum dan PT Sultra Pada Pengadilan Negeri Raha

Raha, Selasa 10 Oktober 2017, Pengadilan Negeri Raha Kelas II melakukan proses Assesmen Penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Badan Peradilan Umum dan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara, adapun tujuan kedatangan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Badilum yang dipimpin oleh Bapak Drs. Wahyudin, M.Si (Direktur Pranata dan Tata Laksana Perkara Pidana), Para Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara, serta tim TAPM baik dari Badilum dan PT Sultra, yaitu melakukan Penilaian (Audit) Assesmen Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Raha Kelas II.


Rangkaian kegiatan assesmen dimulai dengan Opening Meeting yang kemudian lakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dalam Pelaksanaan Assesmen Penjaminan Mutu Badilim dan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Pada Pengadilan Negeri Raha Kelas II, lalu dilanjutkan dengan audit pada Top Management Pengadilan Negeri Raha Kelas II, yaitu Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Negeri Raha Kelas II. Materi audit mencakup Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Document System, Resource Management, Process Management, dan Performance Result. Kegiatan dilanjutkan dengan Assesmen di bagian kepaniteraan dan kesekretariatan, didampingi oleh Hakim Pengawas Bidang masing-masing kepaniteraan dan sub bagian pada kesekretariatan. Tak luput dari pengamatan Auditor Ruang Arsip Perkara, Perpustakaan, Tabung APAR, Tata Kelola Ruangan, Kebersihan, Ruang Server, Ruangan Laktasi, Uji Petik dan Sampling Berkas perkara di SIPP.
Kemudian diakhir Assesmen hari Rabu Tanggal 11 Oktober 2017 dilakukan Closing Meeting yang menjadi penutup pada rangkaian kegiatan Assesmen Akreditasi Penjaminan Mutu oleh TAPM Badilum dan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara pada Pengadilan Negeri Raha Kelas II. Pada closing meeting tersebut, dibacakan kesimpulan dan hasil Assesmen Akreditasi Penjaminan Mutu. Bapak Drs. Wahyudin, M.Si, selaku lead Assesmen menyatakan Pengadilan Negeri Raha Kelas II direkomendasikan untuk diberikan Akreditasi kepada Pengadilan Negeri Raha Kelas II serta berhak untuk menerima sertifikat akreditasi penjaminan mutu. Ketua Pengadilan Negeri Raha Kelas II, Bapak Yasri, S.H., M.H. menyatakan ungkapan terima kasih kepada TAPM Badilum dan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara yang telah berkenan untuk melakukan Penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Negeri Raha Kelas II, semua hasil temuan dan observasi akan segera ditindaklanjuti, demi tercapainya pelayanan publik yang excellent di wilayah hukum Pengadilan Negeri Raha Kelas II.(pnraha-KITABISA)