Berita Terkini

16:Apr

Perkuat Hubungan Dengan Masyarakat, PN Raha Tetap konsisten Memberikan Informasi
dan Edukasi Hukum Melalui Podcast

 

 

Raha, 16 April 2024. | Podcast merupakan salah satu media konten yang banyak mendapat perhatian masyarakat sebab terkesan lebih fleksibel dan intens, aksesnya sangat mudah bisa ditonton dan didengarkan melalui handphone. Sebagai media yang baru saja muncul, podcast awalnya tidak langsung diterima oleh audiens.

 

Tahun 2O19 adalah tahun dimana orang-orang mulai mengenal podcast dan semakin berkembang hingga sekarang dan menjadi salah satu trend di Indonesia. Alasan mengapa orang menyukai podcast karena konten yang disajikannya. Dari konten tersebut kita mendapatkan tambahan informasi yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi tahu, tak hanya informasi yang didapat melainkan bisa jadi inspirasi.

 

Selain sebagai media hiburan, podcast juga telah bertransformasi menjadi sebuah media untuk menyampaikan informasi secara visual, tak terkecuali podcast tentang informasi seputar dunia peradilan. Menyadari kemajuan teknologi dan menyonsong era digital 4.0, Pengadilan Negeri Raha juga siap berubah dan bertransformasi menjadi peradilan yang modern dan disukai oleh masyarkat.

 

PN Raha akan terus menghadirkan terobosan-terobosan baru yang berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan yang baik dengan menghadirkan informasi hukum berbasis teknologi yang kekinian. Salah satu terobosan tersebut adalah dengan digunakannya media podcast secara visual melalui kanal youtube sebagai sarana untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat mengenai dunia peradilan.

 

Demi memperluas jangkauan dan mempermudah masyarakat mendapatkan informasi hukum seputar dunia peradilan, PN Raha secara resmi meluncurkan podcast pertamanya pada bulan Februari 2022 dan tetap aktif hingga saat ini. Tentunya penuh perjuangan untuk menghadirkan setiap konten yang dihadirkan setiap bulannya tersebut, perlu kesungguhan dan konsistensi agar tetap bertahan.  

 

Melalui konsep ini, diharapkan masyarakat merasa terpenuhi informasi hukum yang dibutuhkannya dan menjadi sarana edukasi hukum yang baik bagi masyarakat. Podcast menjadi pintu masuk terbangunnya kedekatan antara PN Raha dengan masyarakat sebagai pengguna layanan peradilan. Cara ini ditempuh untuk meningkatkan citra positif PN Raha di mata masyarakat sehingga ada umpan balik yang baik pula dari masyarakat. 

 

Umpan baliknya adalah berubahnya persepsi masyarakat, kesan negatif sedikit demi sedikit mulai terkikis, yang tadinya masyarakat enggan berurusan dengan Pengadilan karena berbagai alasan akan ikut berubah pula. Tentunya ini sangat baik karena akses dan peran masyarakat terhadap hukum akan semakin meningkat. 

 

Semoga melalui Podcast, Pengadilan Negeri Raha semakin dekat dengan masyarakat dan menjadi pilihan masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Utara dalam mendapatkan informasi dunia peradilan dan edukasi di bidang hukum.(mw)