7:Feb
Sosialisasi Dan Pelatihan Pelayanan Prima Oleh BANK BSI Raha
Raha, 7 Februari 2025 | Sejauh ini, layanan yang diberikan oleh Bank kepada pelanggan dinilai sangat bagus, setiap pelanggan yang datang diberikan pelayanan terbaik dan memuaskan hati pelanggan. Saat ke Bank, pelanggan merasa dihargai dan diperlakukan layaknya tamu yang agung. Setiap kebutuhan pelanggan yang datang terfasilitasi dan diselesaikan dengan baik oleh Petugas. Nah, pelayanan ini lah yang membedakan Bank dengan kantor-kantor lain dalam memberikan pelayanan.
Pengadilan sesungguhnya tidak beda dengan Bank yang juga sama-sama bergerak dalam pemberian layanan publik, Pengadilan juga memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seharusnya masyarakat yang datang juga mendapat layanan yang baik dan memuaskan layaknya di Bank, Pengadilan tidak boleh membiarkan masyarakat kebingungan ketika datang berurusan di Pengadilan.
Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang pelayanan prima bagi seluruh pegawai khususnya Petugas PTSP , PN Raha pada Tanggal 7 Februari 2025 mengundang Bank BSI Cabang Raha untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan singkat tentang Pelayanan Prima (service excellence).
Petugas PTSP harus benar-benar memberikan pelayanan yang baik karena mereka adalah wajah dan garda terdepan Pengadilan yang harus mampu dan tanggap memahami kebutuhan masyarakat karena petugas PTSP lah yang secara langsung berinteraksi dengan masyarakat.
Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Raha, Bapak Achmad Wahyu Utomo, S.H., M.H. didampingi oleh Kepala Bank BSI Cabang Raha, Bapak Wahyudi.
Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Raha berharap agar seluruh Pegawai PN Raha, khususnya Petugas PTSP setelah mengikuti sosialisasi dan simulasi pelayanan prima tersebut hendaknya dapat diaplikasikan dan menerapkannya di PN Raha dalam melayani tamu dan masyarakat yang membutuhkan layanan di PN Raha.
Pada acara pokok, Pemateri sosialisasi mengungkapkan bahwa Petugas pelayanan harus memperhatikan beberapa hal antara lain sikap, penampilan, dan kebersihan. Penampilan, baik laki-laki dan perempuan harus rapi dari ujung rambut sampai bawah. Selain itu kebersihan juga harus selalu diperhatikan, jangan ada berkas menumpuk di meja pelayanan. Sikap yang baik, sabar, cepat tanggap dan memiliki empati harus selalu ditanamkan kepada setiap petugas pelayanan.
Selain penyampaian materi, Tim dari Bank BSI Cabang Raha juga meminta langsung kepada para Petugas PTSP dan Petugas Keamanan untuk langsung mempraktekan tata cara pemberian layanan kepada masyarakat ketika datang di Pengadilan. Setelah kegiatan simulasi, dilakukan pula sosialisasi kepada seluruh pegawai terkait produk yang dimiliki Bank BSI Cabang Raha.