Berita Terkini

29:Agust

 

Catatan Penting Kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan Secara Virtual

 

Raha, 29 Agustus 2023 | Ketua Pengadilan Negeri Raha, Bapak Muhammad Sukamto, S.H., M.H., didampingi Para Hakim, Panitera dan Plt. Sekretaris mengikuti kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan bagi Pimpinan. Hakim, dan Aparatur Peradilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama yang diadakan oleh Mahkamah Agung bagi jajaran 4 Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia secara virtual melalui zoom meeting langsung dari Hotel Galaxy Banjarmasin mulai Tanggal 28 s.d. 29 Agustus 2023.

 

Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kinerja dan pelayanan bagi para pencari keadilan. Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Mahkamah Agung, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Para Ketua Kamar, Para Hakim Agung, dan pejabat terkait di lingkungan Mahkamah Agung. Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung, Bapak Prof. Dr. HM. Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan bahwa kinerja Mahkamah Agung saat ini telah melampaui Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035. Menurutnya, kinerja yang sudah baik ini jangan dicoreng dengan perbuatan tercela.

 

“Saya mengingatkan kembali agar jangan sekali-kali melakukan perbuatan yang tercela, karena imbasnya akan ditanggung oleh seluruh warga peradilan yang lain. Jika kita tidak mampu menjadi sebab untuk timbulnya kebaikan, janganlah menjadi sebab bagi munculnya keburukan, karena keburukan itu bisa berdampak bagi orang lain yang tidak berdosa,” KMA mengingatkan.

 

Pada acara pembinaan kali ini terdapat 6 hal penting yang disampaikan oleh Ketua  Mahkamah Agung, antara lain:

 

  1. Tentang Pemeriksaan Perkara Praperadilan;
  2. Tentang Perhitungan Nilai Kerugian Negara;
  3. Tentang Upaya Hukum Kasasi dan PK Secara Elektronik;
  4. Tentang Implementasi Panggilan dan Pemberitahuan Menggunakan Surat Tercatat;
  5. Tentang 5 Aplikasi Baru Mahkamah Agung;
  6. Tentang Penguatan Sistem Pengawasan.

 

Memasuki hari kedua, selanjutnya dilaksanakan pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Panitera Mahkamah Agung. Dalam pembinaan ini, Panitera MA menyampaikan beberapa persoalan teknis dan administrasi yudisial dalam pengajuan upaya hukum Kasasi dan Peninjauan Kembali.

 

Sesi terakhir pembinaan dibawakan oleh Plt. Sekretaris dan Pejabat Eselon I Mahkamah Agung, sesuai dengan bidang masing-masing. Seluruh Pejabat Eselon I tersebut secara bergantian memberikan pembinaan kepada para peserta, diantaranya yaitu beberapa Persoalan teknis dan administrasi yudisial, pemanfaatan teknologi informasi di Pengadilan dan Penguatan Sistem Pengawasan.(mw)