Berita Terkini

22:Juni

 

Pengadilan Negeri Raha Mengunjungi Museum Bharugano Wuna

 

Raha, 22 Juni 2023 | Museum Bharugano Wuna merupakan salah satu museum kebanggaan masyarakat Muna, khususnya Kota Raha. Terbuat dari kayu jati pilihan, museum ini berdiri kokoh dengan arsitektur kuno yang diberi sentuhan modern. Layaknya museum pada umumnya, Museum Barughano Wuna juga memiliki koleksi historika peninggalan leluhur dan barang-barang bersejarah bernilai tinggi lainnya tersimpan dan dipamerkan di tempat ini. Museum ini sangat mudah dijangkau karena berada di jantung Kota Raha, tepatnya beralamat di Jalan Baypass Raha, Kabupaten Muna.

 

Rasanya tak lengkap kalau berada di Muna tak mengunjungi Museum cantik ini. Untuk mengenal lebih dekat dan memperluas wawasan tentang sejarah dan budaya Suku Muna, Ketua Pengadilan Negeri Raha, Bapak Muhammad Sukamto, S.H., M.H., beserta jajaran pada Rabu, 21 Juni 2023 melakukan kunjungan ke Museum Bharugano Wuna. Diterima oleh pengelola museum yang ramah dan dimpingi oleh pemandu museum yang memiliki komunikasi yang baik menjadikan kunjungan ini lebih menarik dan berkesan. 

 

Kunjungan ini selain untuk menambah pengetahuan juga untuk mengambil foto dan video dokumentasi terkait profil sejarah dan kebudayaan Suku Muna yang akan dimasukkan ke dalam Rubrik Vlog Pengadilan Negeri Raha pada Channel Youtube Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung. Banyak informasi dan pelajaran yang dapat dipetik dalam kunjungan kali ini. Cerita sejarah Kerajaan Muna, situs pra-sejarah Gua Liangkabhori, layang-layang tradisional, replika benda pusaka, ranjang raja, kursi raja hingga baju pelantikan dan baju kebesaran raja dipaparkan secara gamblang dan runtun oleh pemandu museum. 

 

Melengkapi kunjungan ke Museum Bharugano Wuna, Bapak Ari Conardo, S.H., mewakili Pengadilan Negeri Raha melakukan podcast bersama nara sumber dari pihak museum, membahas tentang sejarah dan budaya Muna. Yang menarik dalam konten podcast tersebut, yakni adanya penjelasan tentang penerapan sistem peradilan dalam pemerintahan Kerjaan Muna. Dijelaskan bahwa Kerjaan Muna memang sejak dahulu kala telah memiliki sistem pemerintahan yang baik dengan diterapkannya sistem peradilan untuk menjamin ketentraman hidup bermasyarakat.